Fungsi Adapter Micro SD Dan Cara Menggunakannya

Hai .....! |
Sobat , kali ini saya ingin menyebarkan tentang Fungsi Adapter Micro SD. Maaf , mungkin artikel ini tidak terlalu penting alasannya sudah banyak yang tau. Tapi , alasannya saya merasa bahwa mampu jadi ada juga orang yang belum tau , makanya saya perlu membuat artikel ini..

O iya , yang belum pernah melihat adapter micro SD itu mirip apa , gambarnya mirip berikut ini..

Contoh 1: Adapter Micro SD to SD Card
adapter micro sd to sd card
Contoh Adapter Micro SD to SD Card
Gambar di atas yakni adapter micro SD to SD Card. Bentuknya mirip SD Card , tapi ada lubang di bawahnya yang digunakan untuk memasukkan memory micro/micro SD

Contoh 2: Adapter Micro SD To Mini SD
adapter micro sd to mini sd
Contoh Adapter Micro SD to Mini SD
Gambar kedua ini yakni adapter Micro SD ke mini SD.. Modelnya agak lebih kecil dibanding yang pola 1.

Nah , sekarang apa itu micro SD adapter? dan apa fungsi adapter micro SD itu?

Adapter micro SD adalah alat yang digunakan untuk memasang micro SD Card atau memory micro agar menjadi mirip SD Card atau Mini SD sehingga mampu digunakan pada beberapa perangkat mirip laptop , kamera DSLR , dan masih banyak lagi.
Perlu Anda ketahui , bahwa tidak semua perangkat (yang menggunakan memory card) selalu menyediakan slot untuk micro SD atau memory micro. Oleh alasannya itulah , penggunaan adapter ini mampu membantu Anda untuk memasang memory micro Anda pada perangkat yang belum ada slot micro SD nya..
Kalau masih resah dengan penjelasan di atas , maka penjelasan gampangnya mirip ini:

Saya mempunyai memory micro (micro SD) yang kecil mirip ini.

memory micro

Saya ingin mencolok memori micro yang kecil itu , ke sebuah laptop atau kamera DSLR. Tapi , tentu saja saya tidak mampu melakukannya alasannya slot yang ada di laptop atau kamera DSLR yakni ukuran memori SD Card yang tentunya lubangnya lebih besar.

Nah , solusi untuk mengatasi itu yakni saya harus menggunakan adapter micro SD to SD card agar micro SD ini mampu terpasang di laptop atau kamera DSLR saya. Begitulah kira-kira penjelasan gampangnya.

Ibaratnya , adapter ini cuma sebagai jembatan saja agar memori micro yang ukuranya kecil mampu masuk dan PAS ke dalam colokan micro SD yang lubangnya lebih besar tadi.

Sampai di sini apakah Anda sudah paham? Jika iya , lihat bagaimana cara menggunakan adapternya berikut ini..

Cara menggunakan Adapter Micro SD


Untuk menggunakan adapter ini , Anda tinggal memasukkan Memory micro Anda ke lubang yang ada di belakang adapter tersebut mirip gambar berikut ini.

fungsi adapter micro sd
Anda harus memasukkannya hingga mentok ke dalam ya sobat.. :)

Nah , setelah micro SD terpasang , silahkan colokkan adapter tersebut di lubang SD card di laptop , kamera DSLR atau perangkat lainnya lagi yang mendukungnya..

Cuma mirip itu saja kok caranya gaes.. 

Untuk cara penggunaannya gampang sekali. Yang penting berhati-hati , jangan hingga salah colok sehingga membuat memory micro Anda terbalik. Sebab jikalau terbalik maka micro SD Anda tidak akan terbaca di laptop..

Ya sudah sobatku , saya rasa artikel ini cukup hingga di sini saja. Semoga Anda mengerti ihwal fungsi adapter micro SD , dan tau bagaimana menggunakan adapter micro sd tersebut.. Wassalamualaikum.. :)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Fungsi Adapter Micro SD Dan Cara Menggunakannya"

  1. Terima kasih, baru tau kok saya hehe

    BalasHapus
  2. Kemarin beli kartu memori buat hp, dikasi yg itu jg yg besar (kartu sd adapter). Baru tau fungsinya apa ��

    BalasHapus